Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat menjadi masalah semua orang yang sangat serius,karena dengan adanya jerawat dimuka kita akan membuat kita menjadi kurang percaya diri. Terutama kaum wanita yang sangat sensitif dengan penampilannya,jerawat betul betul menjadi masalah serius buat mereka. Munculnya jerawat tidak terduga,dan tidak pandang bulu siapa saja dan kapan saja pernah mengalami masalah jerawat. Untuk menghilangkan jerawat juga membutuhkan waktu dan materi yang terkadang tidak sedikit. Sebetulnya kita bisa mencegah munculnya jerawat di wajah,jika kita mengetahui penyebab munculnya jerawat. Apa saja sih penyebab munculnya jerawat diwajah?

penyebab munculnya jerawat
poto by ciricara.com

1.       Wajah Berminyak
Jerawat bisa muncul jika produksi minyak kulit wajah berlebih,karena kandungan minyak pada permukaan kulit wajah menyumbat pori pori kulit dan  saluran folikel rambut. Sehingga terjadi penumpukan minyak pada kulit wajah yang kemudian terkontaminasi dengan bakteri bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

2.       Bakteri Jahat
Seperti yang sudah dijelaskan diatas,jika bakteri itu dapat menyebabkan munculnya jerawat. Bakteri menghasilkan zat zat yang dapat menimbulkan iritasi pada permukaan kulit,secara perlahan akan membengkak  semakin besar kemudian pecah. Daerah kulit wajah yang terkena pecahan jerawat tadi akan ikut terkontaminasi dan menjadi radang,atau biasa kita sebut jerawat batu.

3.       Stres atau Banyak Pikiran
Saat kita stres,tubuh kita akan menghasilkan hormon yang dapat mempengaruhi munculnya jerawat. Selain itu jika kita stres pola makan kita akan tidak terkontrol dan cenderung memakan makanan yang manis manis dan banyak mengandung lemak. Sehingga secara tidak sadar makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi munculnya jerawat.

4.       Sel Kulit Mati
Sel kulit mati yang tercampur dengan debu dan kotoran disekitar kita ditambah produksi minyak berlebih dapat menyumbat pori pori kulit pada wajah. Kemudian membentuk bintik bintik hitam atau putih pada kulit wajah yang kemudian akan menjadi jerawat.

5.       Konsumsi Obat
Obat yang dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun seperti obat yang mengandung kortikosteroid,baik yang diminum atau dioles dapat memicu timbulnya jerawat karena bakteri patogen meningkat secara drastis.

6.       Alat rias wajah atau Kosmetik
Alat rias yang digunakan kaum wanita,seperti bedak dan alat rias yang menempel pada wajah lainnya kebanyakan mengandung minyak. Minyak dan bubuk bedak ini menjadi penyebab jerawat karena bisa menutupi pori pori kulit wajah.

7.       Handphone
Handphone dapat menjadi sumber bakteri jika tidak dibersihkan secara rutin,untuk mencegah tertularnya bakteri pada Handphone sebaiknya jangan menempelkan Handphone dengan permukaan pipi saat menelpon.


Beberapa penyebab munculnya jerawat diatas dapat anda jadikan sebagai acuan untuk melakukan pencegahan munculnya jerawat. Apakah diantara penyebab munculnya jerawat diatas ada salah satu yang menjadi penyebab munculnya jerawat diwajah anda? Jika ada mulailah melakukan usaha untuk mencegah munculnya jerawat.

Baca juga artikel lainnya pencegahan munculnya jerawat