Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat



Jerawat memang sangat mengganggu selain membuat wajah anda tidak cantik juga membuat anda risih dan tidak percaya diri. Apa harus kita selalu menutupi wajah kita kemana-mana dengan menggunakan masker agar kita dapat menutupi jerawat yang ada di wajah kita ? Sebenarnya jerawat itu timbul bisa di akibatkan karena debu, makanan yg tidak baik untuk tubuh kita,atau faktor lainnya.

Bagi anda yang sering beraktivitas di luar ruangan yang selalu terkena debu dan terpapar sinar matahari langsung, itu bisa membuat wajah kita menjadi kusam dan untuk menghilangan kotoran tersebut cuci muka bisa menjadi langkah yang tepat. Hal ini di lakukan agar debu dan minyak yang menempel pada wajah tidak menyumbat pori pori kulit yang dapat menimbulkan jerawat. Meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencucimuka, seperti berikut ini :

1. Hindari cuci muka setelah berpanas-panasan à selain polusi udara, sengatan matahari menjadi hal yang sering kita temui saat beraktivitas di luar ruangan. Untuk membersihkannya usahakan tidak mencuci muka kita saat berkeringat setelah berpanas panasan, karena tidak dapat membuat wajah kita bersih justru keringat dan kotoran tersebut dapat menyumbat pori-pori wajah. Sebaiknya diamkan wajah kita sampai tidak berkeringat dahulu baru setelah itu kita bisa mencuci wajah kita.
2. Jangan terlalu sering à jika anda menganggab kalau sering cuci muka dapat membuat kita terbebas dari jerawat anda salah. Justru terlalu sering mencuci muka dapat membuat kulit kita menjadi kering. Terutama anda yang memiliki wajah berminyak dengan sering mencuci muka justru dapat menambah minyak pada kulit wajah anda semakin banyak, usahakan jangan mencuci muka lebih dari 2x dalam 1 hari.
3. Mencuci wajah sebelum keramas à Mana yang terlebih dahulu anda lakukan ? Mencuci wajah atau mencuci rambut terlebih dahulu. Sebaiknya cuci rambut anda dahulu karena kotoran dan residu yang terdapat pada produk pencuci rambut anda bisa menyumbat pori-pori dan bisa menyebabkan jerawat.
4. Memakai air hangat à Sebenarnya ini tergantung kapan kita mencucinya, kalau sehabis berpergian di luar ruangan dan muka kita berminyak sebaiknya kita mencuci dengan air hangat. Tetapi jika kita mencuci muka setelah membersihkan muka,seperti membuang komedo dan jerawat, sebaiknya menggunakan air es agar pori-pori yang terbuka dapat tertutup
5. Menggunakan Handuk yang bertekstur kasar à setelah anda mencuci muka hindari menggosok wajah anda dengan handuk, karena tekstur handuk yang kasar dapat membuat kulit tertarik dan menjadi iritasi. Sebaiknya pilih handuk yang bertekstur lembut dan diaplikasikan dengan menepuk-nepuk ke wajah anda dengan perlahan.

Cara diatas merupakan perawatan eksternal support , yang perlu anda ketahui menjaga wajah bukan hanya dilakukan dari luar tetapi juga dari dalam tubuh. Cara mendapatkan kulit yang sehat kita harus memperbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang segar, serta melakukan diet dengan gizi yang seimbang dan sehat , juga di imbangi dengan olahraga yang teratur !