Jenis – Jenis Jerawat dan Cara Penanganannya

Apakah kamu merasa malu jika ada jerawat yang tumbuh dibagian wajah? Tentu saja, semua pasti sepakat jika jerawat merupakan salah satu penghambat kepercayaan diri setiap orang. Karena wajah juga merupakan aset berharga untuk menarik lawan jenis dan bahkan mungkin dalam hal karir seseorang.

Tapi tahukah kamu, jenis jerawat apa yang tumbuh di wajah kamu sekarang? Seharusnya sebelum memulai usaha untuk menghilangkan jerawat ada baiknya kita tahu jenis jerawat apa yang tumbuh di wajah kita. Supaya tidak salah dalam cara mengobati atau menghilangkan jerawat yang mengganggu. Karena beda jenis jerawat tentu beda juga cara penangananya.

Jenis –Jenis Jerawat dan Cara Menghilangkannya :

Jenis - jenis jerawat dan penangananya

Jerawat Biasa
Jerawat biasa adalah jerawat yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Bentuk dari jerawat ini berukuran kecil dengan warna putih dan agak kemerahan. Penyebab munculnya jerawat biasa ini diakibatkan karena pori – pori kulit wajah tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri Propionibacterium Acne. Bakteri ini hidup di Kelenjar Sebaceous  yang berada di bawah permukaan kulit wajah, dimana Kelenjar Sebaceous ini merupakan penghasil asam lemak. Bakteri ini juga mampu menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

Cara Mengatasinya
Untuk mengatasi jerawat biasa kamu bisa melakukannya dengan cara menggunakan buah Lemon atau Tomat sebagai masker alami. Selain dapat menghilangkan jerawat biasa, Lemon dan Tomat juga berkhasiat menghilangkan noda hitam bekas jerawat pada kulit wajah jika dilakukan secara rutin. Selain itu kamu juga bisa menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat. Cukup oleskan pasta gigi pada jerawat dan sekitarnya sebelum tidur. Kandungan Fluroide pada pasta gigi berkhasiat mengurangi bengkak pada jerawat dan kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat.


Jenis - jenis jerawat dan cara penangannya

 Komedo
Ada dua jenis komedo, yaitu komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup adalah komedo yang berwarna putih agak menonjol. Sedangkan komedo terbuka adalah komedo yang berwarna hitam, seperti pori – pori kulit yang membesar. Komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit yang mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebih.

Cara Mengatasinya
Sebetulnya sudah banyak dijual alat untuk menghilangkan komedo, tapi ada juga cara alami yang dapat kamu prkatekan sendiri di rumah. Yaitu dengan menggunakan putih telur, caranya cukup simpel ambil kapas dan lumuri dengan putih telur kemudian tempelkan pada komedo yang ingin dihilangkan. Tunggu sampai putih telur mengering, kemudian angkat kapas dan lihatlah berapa banyak komedo yang ikut terangkat.


jenis - jenis jerawat dan cara penanganannya

Jerawat Batu
Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang berbahaya, karena jika terus dibiarkan jerawat jenis ini mampu meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Jerawat batu disebabkan karena produksi kelenjar minyak pada sel kulit wajah yang terlalu berlebih. Bentuk dari jerawat batu ini sedikit lebih besar dari jerawat biasa, dan biasanya bergerombol seperti membentuk koloni.

Cara Mengatasinya
Untuk menghilangkan jerawat batu sebaiknya kamu terlebih dahulu melakukan konsultasi pada ahlinya. Upayakan segera melakukan pengobatan sebelum keadaan semakin memburuk.


Demikianlah beberapa jenis jerawat yang biasa muncul pada wajah setiap orang. Seperti pepatah “Tak ada gading yang tak retak” seperti itu juga wajah kita, tak ada yang sempurna pasti pernah ditumbuhi jerawat. Cuma bagaimana kita menyikapinya, dan usaha kita dalam merawat wajah kita. Yang terpenting jaga kesehatan dan kebersihan badan. Sebaiknya lakukan pencegahan terlebih dahulu, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati, dalam hal ini jerawat.

Baca juga :